Majelis Az-Zikra

Latar Belakang

Ustadz Arifin Ilham pertama kali memperkenalkan majelis zikirnya pada tahun 1997, di mesjid tempat ia tinggal, Depok, Jawa Barat dengan nama Majelis Zikir Az-Zikra. Zikir yang ia bawakan ini begitu ringkas dan mudah diikuti setiap orang.

Setiap berzikir ia menerjemahkan bacaannya ke bahasa Indonesia agar dimengerti maksudnya. Zikir ini bukan sekadar zikir lisan, tapi sampai ke hati, karena sifatnya mengoreksi diri yang membuat setiap hadirin akan tersentuh dan menangis karenanya.

Sejak 7 Juni 2009, Majelis Zikir bulanan Az-Zikra secara resmi dipindahkan ke kawasan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Hijrah Majelis Zikir ini, didorong semangat berjihad untuk melakukan dakwah secara komprehensif, terukur, dan terencana.

Sentra kegiatan dakwah ini juga diharapkan lebih efektif dengan rampungnya Masjid Az-Zikra, yang merupakan ikon bagi umat Islam di Bogor.

 Pusat dakwah ini terbuka untuk umum, lintas organisasi, dan mazhab. Management building memberikan kewenangan penuh untuk mengelola Masjid Az-Zikra demi kemajuan umat.

Misi

Membangun Masyarakat Muslim Indonesia yang memiliki Pribadi Berzikir yang membawa kedamaian dan keselamatan dunia akhirat. Pribadi Berzikir maksudnya pribadi yang indah, yang membuat dunia ini terasa surga, bumi menjadi mesjid, tempat berpijak hamparan sajadah, bicaranya dakwah, diamnya berzikir, penuh kasih sayang, telinganya terjaga, pikiriannya baik sangka, hatinya diam–diam berdo’a, kakinya jihad, kekuatannya silaturahim, kerinduaannya syariat Allah, haq tujuannya, sabar strateginya, kesibukannya asyik memperbaiki diri.

Tawashow bil Haq……

Majelis Az-Zikra adalah  :

  • Majelis Zikir dan Ilmu, dalam setiap zikir selalu diisi dengan tausiyah atau siraman rohani, dengan tausiyah akan mendapat ilmu, dengan berzikir akan bertambah iman.
  • Majelis Tawashow bil Haq, Tawashow bish Shobri, Tawashow bil Marhamah.
  • Majelis bersama, terbuka, ukhuwah dan majelis jihad, tujuan akhir dari majelis ini adalah tegaknya Syari’ah Allah.
  • Majelis Tarbiyah yang menekankan pada pemahaman, penghayatan dan pengamalan ibadah.
  • Benang Tasbih  yang bercita-cita menyatukan dan merangkai butir-butir tasbih yang warna-warni dengan semangat keikhlasan, ketawadhu’an, kepasrahan, dan kasih sayang.
  • Majelis Az-Zikra bukanlah thariqat tapi majelis zikir biasa yang akhirnya menuntun umat terikat pada Al-Qur’an dan Sunnah.

Terakhir diupdate: Jumat, 20 September 2013